Monografi Nagari Kamang 1980_22

C. Prasarana Perhubungan




  1. Jalan-jalan
    a. Jalan khas IV 6,9 km, diaspal 65%, sisanya 35% masih batu dan tanah
    b. Jalan desa/nagari 12,5 km, diperkeras 75%, belum diperkeras 25%
    c. Jalan setapak 10 km, 100% tanah



  1. Jembatan


Enam jembatan telah diperbaiki permanen, 4 buah bangunan Pemerintah Dati II Agam, 3 buah Bangdes, sedang 3 buah lagi masih darurat.


D. Sarana Angkutan


Bahwa pemasaran dari produksi Mobiler, Jeruk Manis dan lain-lainnya, untuk mendapatkan bahan-bahan baku, keperluan sehari-hari, adalah pasar Bukit Tinggi. Maka setiap hari pekan di Bukit Tinggi ada 20 kendaraan oplet dan sejenis bus Toyota yang melakukan operasi di Kamang, sedang pada hari-hari tidak pasa Bukittinggi (diluar hari Sabtu dan Rabu) ada sekitar 15 kendaraan yang pulang pergi.


Kesibukan dari alat pengangkutan tersebut dikarenakan produksi mobiler, jeruk manis, padi dan sebagainya lebih meningkat dari tahun-tahun yang silam, sebagian motor kepunyaan penduduk nagari lain. Akibat peningkatan produksi tersebut diatas maka kendaraan bermotor dan lain-lainnya kepunyaan penduduk Kamang turut meningkat pula.


Jumlah sarana angkutan yang milik penduduk Kamang hilir


keadaan 1979/1980











































































NoJenis KendaraanBanyaknya
1978/19791979/1980
1.Gerobak tangan450 buah465 buah
2.Gerobak demo1 buah1 buah
3.Pedati3 buah2 buah
4.Becak2 buah2 buah
5.Kereta angin439 buah447 buah
6.Kendaraan motor roda 240 buah91 buah
7.Kendaraan roda empat4 buah8 buah
8.Truk ¾ ton1 buah4 buah
9.Truk 3 ton- buah1 buah
10.Sedan2 buah2 buah

Komentar

Postingan Populer